google-site-verification: google5280bc54d13e2170.html Cara Zenius Ngubah Mindset Anak yang Gatau Diri Kayak Gua ~ RWIZ4RD'S STORIES
Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Sabtu, 21 Juli 2018

Cara Zenius Ngubah Mindset Anak yang Gatau Diri Kayak Gua

Lomba blog: Belajar Berkelanjutan Karena Zenius

Ya seperti pada judul diatas. Gua emang anak yang biasa-biasa saja dan cenderung gak tau diri, banget. Kehidupan SMA penuh dengan masalah baik itu dengan nilai, guru bahkan sama kakak kelas pun gua suka banget bikin masalah. Jujur bisa dibilang awalnya gua bangga banget bisa masuk ke SMA yang notabene adalah SMA terbaik disini. Hal yang bikin gua sangat bangga adalah gua masuk dari SMP yang bisa dibilang susah sekali untuk masuk ke SMA favorit karena jarang banget murid dari SMP gua yang bisa tembus kesana. Hal itu bikin gua overproud banget dan akhirnya... Gua sadar itu SALAH.

Entah kenapa semua kebanggaan itu malah bikin gua males belajar pas kelas 10. Apalagi saat itu gua ketemu dengan temen yang sama overproud-nya jadi males kuadrat deh. Kerjaan gua setiap malem selalu maen game online karena setahun pas kelas 9 gua abisin buat belajar mati-matian ngejar impian masuk SMA favorit. Kemalesan belajar gua tadi didukung sama temen gua yang trully makin ngeracunin pikiran buat menolak eksistensi buku dan belajar di otak, (SERIUS. Buat lo yang baca tulisan ini dan masih SMA, Gua saranin pinter-pinter kontrol diri lo sendiri. Jangan mudah terbawa hal negatif entah itu dari teman atau yang lain. Inget perjalanan masih panjang bukan hanya di SMA doang. Kalo kata Bang Sabda “Know your distraction, and throw it all away” lah boy)
Seperti pepatah "Berteman dengan tukang minyak wangi kita akan ikut wangi, berteman dengan tukang minyak kita akan ikut bau minyak."
Jika berteman dengan tukang minyak wangi maka tubuh kita akan bisa ikut terkena harum wangi dari minyak wanginya. Jika berteman dengan tukang minyak tanah, kita bisa kena bau minyak tanahnya. Jika berteman dengan tukang sampah kita bisa ikut kena bau busuk sampah.
Karena males belajar pas kelas 10, berakibat pada tertinggalnya gua sama pelajaran kelas 11 yang malah bikin gua males buat ngejar karena banyak banget wkwk. Setiap H-1 UAS gua selalu bikin contekan serapih mungkin dan gua pikirin cara bagaimana bisa gunain contekan yang gua bikin tadi. Gak pernah lupa juga gua simpen e-book pelajaran yang bersangkutan di HP kecil buat nyontek. Jujur walaupun gua nyontek pas UAS tapi gua gak pernah nyontek PR temen. Anak rajin? BUKAN !! Gua gak nyontek karena emang gak ngumpulin PR. Kalau guru minta ngumpulin? Santai, gua bakal bilang pr ketinggalan dan langsung foto PR temen buat dikumpulin pulang sekolah. (Jahannam emang haha)

APASIH YANG LO DAPET DARI MENYONTEK ??
“Jangan beri kesempatan pada diri sendiri untuk menunda-nunda sesuatu yang harus dilakukan. Pastikan untuk segera bertindak seperti yang telah Anda putuskan! ACTION IS POWER!” Andrie Wongso
Dan gak kerasa tibalah gua pada masa-masa yang kata guru BK adalah masa penentuan, yaitu kelas 12. Guru BK gua sangat excited untuk menyadarkan semua siswanya belajar sungguh-sungguh demi mempersiapkan UN dan SBMPTN. Pelajaran BK 2 jam per minggu adalah pelajaran yang paling bikin gua sedih pada saat itu. Bahkan perasaan sedih tersebut ngalahin rasa sedih gua saat ditunjuk maju sama guru MTK yang paling ditakuti sama semua murid kelas 12 di sekolah gua. Setiap malem sebelum tidur gua selalu merenung meratapi nasib. Gua sangat sadar dengan kekonyolan yang telah gua perbuat selama 2 tahun menjadi murid tak tahu diri di sekolah. Gua membayangkan bagaimana kalo gua gak diterima di PTN manapun? Bagaimana perasaan ortu gua? Bagaimana pikiran orang-orang yang mengira gua pinter, karena masuk di SMA favorit yang setiap tahun memiliki presentase 90% lolos ke perguruan tinggi namun gua gak bisa dapat PTN manapun? Bagaimana gua bisa jadi contoh yang baik buat adek gua? Sumpah, semua pertanyaan itu terus menghantui pikiran gua dan sempet bikin gua menyerah dan melepaskan semua harapan yang ada.

JANGAN PERNAH MENYERAH !!
Ingat, penyesalan selalu datang di akhir. Dan ingat juga bahwa apapun yang membuat kita terlena pasti akan membuahkan kesengsaraan kelak jika saatnya tiba. Maka sebelum kalian menyesal, Sadarlah.. hanya itu yang dapat kalian lakukan.
Gua gatau lagi harus apa buat nyiapin SBMPTN yang materinya banyak banget dengan waktu yang sangat singkat. MIPA gua 0, gua gatau apa-apa tentang fisika. Gue benci sama Matematika dan sangat muak dengan kimia. Seakan-akan fondasi gua itu keropos, gak bakal kuat untuk menahan gedung SBMPTN yang sangat tinggi. Saat itu gua udah bener-bener nyerah, gua bilang ke orang tua gua kalo lulus SMA mau langsung kerja karena gua kasihan lihat mereka susah payah biayain sekolah adek. (FYI, adek gua masuk Islamic Boarding School yang terkenal dan biayanya mahal banget. Sedangkan ayah gua seorang pegawai kontrak yang gajinya hanya cukup buat makan sebulan, dan ibu gua pendidik PAUD yang gajinya sukarela dari anak didiknya)
Diluar dugaan ayah gua bilang: KALO KAMU BISA LOLOS KE PTN, AYAH DAN IBU AKAN USAHA MAKSIMAL AGAR BISA BIAYAIN KAMU. IMPIAN AYAH SEJAK DULU YAITU AYAH PENGEN KAMU BERPENDIDIKAN TINGGI DAN JADI ORANG SUKSES BIAR BISA NGANGKAT ADIKMU JUGA. POKOK KAMU GAUSAH MIKIR BIAYA, BELAJAR YANG SUNGGUH-SUNGGUH AGAR BISA LOLOS TES KE PTN YANG KAMU INGINKAN...
Spechless gua dengerin perkataan ayah tadi. Padahal aslinya gua bilang pengen langsung kerja karena emang gua gatau diri. Gua ngerasa malu buat jujur, dan gua gamau lihat ortu sedih karena anaknya gak diterima di PTN manapun. Gua bilang pengen langsung kerja itu cuma alesan doang.

Besoknya gua langsung cerita yang gua rasain ke temen deket yang gua anggap paling bijak satu sekolah. Gua ceritain semuanya sampe gak sadar air mata jatuh. Sebenarnya gua malu karena gua pikir laki-laki haram untuk menangis, tapi itu berubah saat dia bilang “Laki-laki juga berhak memiliki sisi feminimnya”. Mau gak mau akhirnya gua lanjutin deh cerita sampe selesai. Dan setelah gua selesai cerita, dia bilang...  
“SEMUA ORANG PUNYA JATAH BELAJARNYA MASING-MASING. DULU PAS KELAS 10-11 GUA BELAJAR LARUT MALEM, SEDANGKAN LO CUMA MAEN DAN SENENG-SENENG. SEKARANG GANTIAN GUA TINGGAL NIKMATIN APA YANG GUA UDAH PELAJARIN, SEDANGKAN LO HARUS BELAJAR SAMPE LARUT MALEM. DAN LO HARUS NERIMA, INILAH KONSEKUENSINYA”

PLAKKKKK

Perkataan itulah yang nyambuk gua sakit banget, perkataan itu yang bikin gua bangun untuk bersiap nerima cambukan yang lebih sakit lagi. Bahkan kalo jatah cambukan gua udah habis, gua dengan sukarela minta dicambuk lagi agar gua dapat bangkit dan keluar dari jurang yang selama ini gua tinggali. Gua langsung sadar kalo ternyata pepatah “Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian” itu nyata. Gua langsung minta pendapat harus mulai darimana dan dia ngasih saran kalo gua harus ikut bimbel. Dia juga ngasih gua sesuatu yang sangat penting, sesuatu yang bakal ngerubah cara pandang gua kedepannya, sesuatu yang sangat memotivasi gua yaitu......... Akun Zenius

JIKA GAGAL, LO HARUS BISA BANGKIT !!
Sejak saat itu, gua tersadar dan langsung jadi manusia yang bener-bener ambis. Gua rajin bimbel dan temen gua tadi juga nawarin untuk bimbing gua pelajaran kimia karena dia anak OSN kimia. Jadwal gua jadi padet banget. Sehabis pulang sekolah pukul 4 sore gua langsung menuju tempat bimbel kemudian selesai jam 6 langsung lanjut ke rumah temen gua tadi untuk belajar kimia.

Nasib baik, 2 bulan setelah gua mulai untuk ambis ternyata gua ikut terdaftar di 50% murid sekolah yang berhak mengikuti SNMPTN. Seneng banget ternyata ada harapan selain harus ikut SBMPTN. Gua isi prodi SNMPTN dengan pilihan yang sangat aman. Namun sayang, ternyata pas pengumuman SNMPTN gua mengalami kegagalan yang pertama.

Mungkin ini yang pantas diterima anak gatau diri kayak gua
Ya gua ditolak, dari sana pikiran gua terpecah lagi. Harapan tinggal SBMPTN karena gua udah bertekad gamau nyusahin ortu lewat jalur Mandiri. Progress bimbel juga dikit banget, gua kesusahan karena sistem bimbel adalah “kejar target” sedangkan gua orang yang fondasinya lemah. Jadi sangat susah untuk ngikutin sistem dari bimbel tersebut. Gue juga sempet drop lalu opname beberapa hari karena badan gua yang sangat terforsir untuk bimbel sampai lupa jaga kesehatan. Efeknya, gua jadi gak bisa ngikutin jadwal bimbel dan itu makin bikin gua tertinggal. Tapi disini, gua jadi inget kalo masih punya akun bimbel online ZENIUS yang belum pernah gua buka sebelumnya.

Langsung deh gua akses dan mulai saat itulah mindset gua berubah...

*************

ZENIUS LEARNING

Tampilan dari zenius learning
Zenius learning apasih?? Kok ditaroh di submenu SBMPTN, hubungannya apa?? Pertanyaan-pertanyaan tadi membuat gua penasaran dan langsung play salah satu video dari bagian ini. Disamping gua penasaran, alasan gua play zenius learning duluan dibanding pelajaran umum juga karena gua masih pengen istirahat sejenak dari pelajaran-pelajaran yang bikin gua opname. Gua pantengin tuh videonya satu-satu. Nah pada awalnya gua agak ngeremehin isi dari zenius learning ini. Tapi, setelah gua kelar lihat semuanya tiba-tiba...

JEDARRRR (Suara petir menyambar otak gua)


Ternyata gua salah banget ngeraguin hubungan Zenius learning dengan SBMPTN. Ini adalah hal yang sangat berhubungan, bisa dianalogikan Zenius learning itu bahan yang biasa dibikin fondasi untuk bangun gedung tinggi yaitu mimpi meraih PTN impian. Menurut gua, inilah basic yang dibutuhkan semua komponen pendidikan di Indonesia khususnya untuk para murid. Karena disini gua ngerti betapa pentingnya konsep dalam belajar sesuatu. Jujur, dari dulu gua belajar hanya ngapalin rumus lalu latihan soal tanpa memahami konsep dengan sungguh-sungguh. Itulah yang bikin otak gua susah untuk dimasuki pelajaran.
“Menghafal adalah cara belajar paling dangkal”-Sabda PS
Ya, disini gua sadar cara belajar gua salah. Mindset gua dalam menerjemahkan apa yang disebut belajar selama ini juga salah. Zenius learning adalah bagian untuk memberi dasar yang kuat sebelum memulai untuk belajar SBMPTN. Disana Bang Sabda perfect banget penyampaiannya. Dengan kata-kata yang persuasif ditambah disebutkan juga bukti nyata selama ia mengajar bikin gua dan mungkin beberapa orang lain sadar kalo cara belajarnya salah. Memang metode belajar semua orang itu berbeda-beda tapi disini Bang Sabda menjelaskan dasar dari cara belajar, sehingga nantinya dapat dikembangkan menjadi berbagai metode belajar yang sesuai dengan tipe masing-masing orang.

“Ciptakan dulu fondasi yang kuat untuk membuat gedung yang tinggi” 
Dalam salah satu videonya Bang Sabda pernah mengatakan hal itu, dan itu benar sekali. Intinya belajar yang bener adalah dengan menguasai konsep, bukan mengapal rumus. Dan masalah-masalah gua dalam belajar juga dibahas disana. Gua jadi semakin sadar apa yang salah pada 2 tahun gua di SMA. Dan entah kenapa gua jadi bersemangat untuk benahin itu semua. Mungkin karena dalil Bang Sabda yang secara tidak langsung menyadarkan gua bahwa esensi belajar adalah untuk diri kita sendiri, bukan untuk orang lain. Belajar itu karena diri kita sendiri, bukan tuntutan orang lain. Kitalah yang harusnya sadar dan mengontrol untuk mencapai masa depan yang lebih baik.

Dengan waktu yang tersisa gua mulai belajar lagi sekuat tenaga, gua keluar dari bimbel karena gua pikir bakal buang-buang waktu. Di bimbel gua yang dulu kebanyakan tentornya tidak tahu apa yang dibutuhkan muridnya, mereka memukul rata semua muridnya sudah bisa karena mereka menggunakan sistem kejar target. Jadi sebisa mungkin gua yang harus ngertiin diri sendiri dan gua percaya kalo Zenius bisa membantu buat ngerealisasiin mimpi gua. Karena kalo gak paham, gua cuma tinggal play videonya lagi berulang-ulang. Kalo gua mentok gabisa baru gua tanya ke temen. Disini zenius adalah temen yang menemani gua dari pagi sampe malem untuk ngejar PTN impian. Meskipun gua sendiri ga yakin dengan waktu yang tersisa sedikit bisa ngejar semua materi, tapi gua yakin bahwa kalopun gua ga lolos tahun ini gua akan berjuang semaksimal mungkin untuk ngejar tahun depan. Karena gua udah disadarin sama zenius dan gua juga gamau ngulangi kesalahan yang sama lagi.


H-1 SBMPTN gua minta maaf ke ibu kalo gak pernah mau nurut kalo dulu disuruh belajar, gua pun bilang kalo andai besok gak lolos gua minta kepercayaan ayah dan ibu buat ngesupport gua untuk gap year. Gua bener-bener gamau ikutan mandiri yang mengharuskan bayar uang pangkal meskipun sebenarnya ayah nyanggupin asal gua keterima. Gua bilang ke ibu kalo gua selama ini salah, dan gua sadar belajar itu buat apa sekarang. Jadi gua pengen memperbaikin semua dan pengen ngejar kampus impian dari SMP (Fyi, pada SBMPTN gua pun milih pilihan yang sekiranya aman. Gak terlalu muluk bagus asal sejalan dengan passion dan PGnya rendahh)


Tibalah pada hari H SBMPTN, gua kerjain semaksimal mungkin. Dan ternyata bab yang gua pelajarin waktu saintek keluar, seneng banget gua waktu itu. Gua kerjain yang bisa dan yang bener-bener gabisa gua kosongin karena gua ngikut saran zenius. Secara logika juga gua pikir gak mungkin sistem IRT sesimpel itu. Gua cengar-cengir ngerasa PD banget bisa ngerjain soal barusan. Pas udah keluar dari tempat tes gua langsung cocokin jawaban tadi ke temen yang pinter dan ternyata banyak yang sama. Bedanya temen-temen gua saat itu pada diisi semua, dengan cara nembak. Tapi bodoamat lah yang penting gua bisa ngerjain. Nah.. pas gua perjalanan pulang ke rumah, gua buka hp dan tiba-tiba..

BOOMMMM


Saat itu gua mikir "Mending gua tembak aja semua."
Sempet sih nyesel soalnya gak gua isi semua. Tapi setelah pikir-pikir lagi, buat apa juga gua nyesel karena gak akan ngubah apapun. Yang bisa gua lakuin hanya nyiapin kemungkinan terburuk. Gua langsung beli tuh voucher zenius lagi karena kemaren yang dikasi temen gua udah habis. Dan gua puter lagi Zenius learning. Gua pantengin beneran, gua berharap bisa menemukan cahaya terang disana. Gua bener-bener pengen nyusun rencana gap year gua sebaik mungkin. Gua harus siap mental kalo gak lulus dan ditanyai “Kuliah dimana?”. Gua gak akan malu karena gua punya tekad gede banget, gua harus bisa buktiin yang terbaik andai gua gak lolos. Bisa dibilang gua nyolong start. Kenapa? Karena H+3 gua udah langsung play zenius dan mulai terus belajar lagi.
Think of a time you were embarrassed, easy right? Now think of a time someone else was embarrassed. It's a lot harder to do isn't it?" I don't really worry about being embarrassed anymore if no one but I will remember it!

TAPI TERNYATA PAS PENGUMUMAN... 

ALHAMDULILLAH....

Gua disemangatin
Sedih? Iya, Seneng? Juga iya. Gua sedih karena kasihan lihat ibu, ibu takut kalo gua stress karena pengumuman ini. Langsung gua jelasin planning gua tahun depan, gua yakinin ke ibu kalo gua pasti bisa. Gua juga bilang ke ibu kalo tahun ini belum rejeki. Mungkin, gua gak ditakdirkan masuk ke pilihan yang gua pilih tahun ini. Gua bersyukur karena kegagalan ini gua anggap kesempatan baik yang diberikan Allah untuk ngejar kampus impian gua dari SMP yaitu.... 

Bismillah..
Ngayal? BUKAN !! Ini mimpi, mimpi yang harus gua wujudin. Ini janji gua ke ortu, dan gua harus nepatin itu. 1 tahun bukan waktu yang sebentar, 1 tahun itu lama. Cukup bagi gua untuk introspeksi apa yang kurang dari diri gua. Bukan hanya dari cara gua belajar, tapi gua juga harus perbaikin semuanya. Mulai dari ibadah, alhamdulillah gua sekarang jadi rajin ke masjid karena bener-bener gua pengen nyerahin semua ke Allah. Mungkin tahun lalu gua kurang berserah diri kepadaNya sehingga gua diberi kesempatan untuk berubah jadi pribadi yang lebih ta’at. Gua juga cari tahu apa yang ngehambat proses belajar gua selama di SMA, dan jawabannya adalah..... Handphone
“People don’t just all of a sudden become successful, Success come from years and years of sacrifice and work”-Unknow
Ya, gua harus buang semua itu. Gua harus fokus, karena mungkin diluar sana ada orang yang memiliki impian sama dan mereka sudah berusaha lebih keras dari apa yang gua lakuin. Gua, harus bersaing dengan orang-orang yang sama ambisnya. Gua harus buktiin ke semua orang yang bilang “Gila apa lu, mau ke sana. ITB itu susah, BEGO”. Susah? Iya emang susah, tapi susah kalo GUA GAK BERUSAHA. Gua yakin gua bisa, kenapa? Karena gua udah memiliki tekad yang kuat, gua punya impian, gua punya janji yang harus gua buktiin. Seperti kata Bang Sabda di zenius learning.. 
“Kebanyakan orang, mereka malas karena gak memiliki tekad yang kuat”
Gua susun kegiatan gap year gua sebaik mungkin. Belajar SBMPTN beberapa bulan dengan zenius bikin gua tau metode yang efektif untuk belajar, salah satunya Deliberate Practice. Metode belajar semacam itu justru membantu banget. Otak gua yang awalnya udah susah nerima pelajaran sekarang jadi mulai mudah untuk memahami. Karena kebiasaan mengerjakan soal campuran di bimbel gua yang dulu berubah jadi ngerjain soal yang gua belum kuasai, sampai bisa. (Coba baca artikel tentang Deliberate Practice disini. Gua jamin metode belajar semacam ini bikin kita jadi paham beneran. Karena metode ini adalah metode yang sangat terstruktur. Lo bisa baca deh artikelnya disini biar lebih mantab lagi pemahamannya)

Disini zenius bener-bener bisa ngerubah mindset gua secara total, gua mulai tau fungsi belajar itu buat apa. Buat kalian yang masih stuck dalam zona nyaman, cobalah untuk keluar sebentar. Jangan takut untuk kehilangan kenyamanan yang sudah lo dapetin. Percayalah, jika lo udah nemuin yang bener-bener jadi passion lo maka disitulah kenyamanan sesungguhnya yang bakal lo rasain. Dulu bang sabda pernah bilang “Once udah ketagihan ini (belajar sbmptn), tanpa sadar, elo ngubah mentalitas lo tentang belajar, dan tanpa sadar juga elo breaking your current limit yang pada akhirnya raising the bar on your standard of performance for future reference”. TRUE!! itulah yang terjadi pada diri gua, itulah yang mendorong diri gua untuk belajar, belajar, dan terus belajar. Karena itu akan berefek lebih dari sekedar kita mengerti tentang pelajaran atau bisa ngerjain soal.
“Once you stop learning, you start dying” – Albert Einstein
Oiya, rencana tanggal 23 juli gua akan beli XPEDIA karena alhamdulillah HP gua udah laku kejual. Gua juga beli 2 buku tulisan Paul Arden yang berjudul Whatever You Think, Think the Opposite sama It's Not How Good You Are, It's How Good You Want To Be dari hasil berkorban jual akun Mobile Legend karena gua pengen buktiin ke orang tua gua kalo anaknya ini bisa usaha untuk nyenengin mereka. Sengaja gua milih buku berbahasa inggris karena selain gua tertarik dengan buku itu, gua juga pengen nambah vocab. Itu juga alasan gua menulis ini. Selain gua mau nulis track record yang bakal jadi motivasi, gua juga pengen nambah buku genre motivation & self-help lain dan berbahasa inggris tentunya.. Semoga dikabulin sama zenius hehehe 
“Gak ada orang yang bodoh, semua bisa dilatih. Bahkan berdasarkan pengalaman Bang Sabda IQ aja bisa naik. Lalu kenapa gua harus takut untuk menentukan target setinggi mungkin? Asal gua konsisten gua yakin bisa, dan pasti bisa”
Gua berharap semoga makin banyak orang-orang seperti gua yang bertemu dengan zenius, sehingga makin banyak murid di Indonesia jadi termotivasi dan merasakan konsep #BelajarBerkelanjutan yang ditularkan oleh para tentor-tentor zenius. Sehingga harapannya zenius dapat membantu memajukan pendidikan Indonesia yang sedang karut-marut ini. Amiin
"Kalo nasi udah menjadi bubur. Lo tinggal tambahin kecap manis, ayam suwir, sama kerupuk biar kegagalan yang lo alami berubah jadi bubur ayam yang super enak" - Alan Kinata
Untuk yang mengalami kegagalan SBMPTN dan berencana pengen gap year gua saranin lo baca artikel dari blog zenius ini :

  1. Iya, Gua Emang Bukan Anak Pinter. Terus Gimana Dong? (Buat yang merasa bukan anak pinter namun memiliki tekat yang kuat untuk jadi pinter)
  2. 6 Masalah Utama dalam Belajar dan Solusinya (Kegagalan SBMPTN mungkin disebabkan oleh masalah-masalah dalam belajar, artikel ini menjelaskan tentang masalah yang umum lengkap dengan solusinya)
  3. Apa sih yang membuat kita bisa konsisten dengan komitmen kita? (1 tahun bukan waktu yang singkat boy, pasti ditengah-tengah perjuangan lo pasti bakal ngerasa jenuh dan komitmen yang udah lo bikin lama-lama akan kendor. Nah, artikel ini cocok buat nyusun komitmen yang lebih kuat lagi)
  4. Belajar dari Mereka yang Gagal SBMPTN (“experience is the best teacher”. Selain harus belajar dari pengalaman kita sendiri, kita juga bisa belajar dari pengalaman alumni yang juga sempet gagal SBMPTN)
  5. SBMPTN Alumni (“Oiya, lo gagal SBMPTN bisa aja score SBMPTN elo 50% tapi passing grade 55%, kalo cuma 5% mah bisa banget dikejar dalam satu tahun” –SABDA PS)
  6. Tips membuat Jadwal Belajar SBMPTN yang Efektif (Penting nih, kalo disekolah kan ada jadwalnya. Nah, saat gapyear kita sendiri yang harus bikin jadwal untuk belajar. Pantengin secara serius, InshaAllah belajar akan menjadi sangat efektif)
  7. Kenapa Yah Belajar Kerasa Jadi Beban? ( Artikel yang gua rekomendasiin selain di blog zenius adalah ini. Artikel ini membantu bikin mindset gua tentang belajar jadi berubah ke arah yang lebih baik. P.S mungkin si thread maker juga anak zenius, karena disana ada ilustrasi dari zenius juga wkwk) 
Tak lupa gua ucapin terima kasih banyak buat zenius, karena telah mengentaskan gua dari ketidaksadaran gua selama 2 tahun SMA. Jujur, zenius learning sangat berguna. Karena doktrin positif zenius untuk menjadi lifelong learner dapat membuat orang yang anti belajar kayak gua bisa berubah total. Momentum belajar SBMPTN dengan zenius membuat gua sadar untuk apa belajar. Gua jadi tau bagaimana belajar dengan cara yang benar, gimana cara gua agar bisa bangun komitmen yang kuat, bagaimana mengatur waktu sebaik mungkin, dll. Pokoknya merubah gua menjadi pribadi yang lebih baik. Dan disini zenius juga menekankan bahwa belajar tidak hanya untuk nilai akademis, untuk masuk kuliah, atau untuk bisa dapet kerja dengan gaji besar. Karena belajar akan jadi hal yang sangat seru jika lo tau dan berani mengeksplor lebih dalam lagi passion lo sendiri, dan itu bener-bener akan jadi bekal yang berguna agar lo bisa survive di masa depan.
“All information you need to succeed already exist, the only problem is you’re no exposing yourself to it” – Jim Rohn.
(Request: kalo menang yang bundle 1 ya kak. Gua pengen belajar benerin habbit buruk biar gap year gua makin bermanfaat hehe)
TY ZEN  :)

Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →
Powered By: BloggerYard.Com

13 komentar:

  1. mantabb!!! terimakasih motivasinya

    BalasHapus
  2. kisah kita sama gan.. impian juga sama... hanya saja latar belakang ane smk. ane jg lulusan 2018 dan gapyear juga. ane jg ngerasa jadi siswa gatau diri selama sekolah tapi bru nyadarnya setelah gagal spmb stan :'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada yang tidak mungkin selagi kita mau berusaha dan terus belajar dari pengalaman. Keep focus on your track, bro !

      Hapus
  3. Kita satu angkatan berarti...,gua juga pengen gap year,semoga kita bisa sama" masuk itb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin, semoga bisa jadi temen se-angkatan besok.

      Hapus
  4. Hai, gue juga anak gap year. Thanks ya, tulisan lo buat gue tambah semangat. Sukses buat lo dan semoga bisa jadi maba itb yaa ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okay,sama-sama. Semoga lo bisa sukses ngeraih semua impian tahun depan. Btw, terimakasih doanya. Keep up your spirit !!

      Hapus
  5. Assalamualaikum bro. Boleh minta no wa nya, pengalaman kita sama bro, bolehlah kita diskusi + sharing bareng hehe

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. Alhamdulillah sekarang diterima sebagai insan muda Pertamina

      Hapus
  7. untuk sbmptn 2019 bagaimana? bisa dilanjutin ...

    BalasHapus
  8. Do you want to play gambling games and are you looking for a reliable gaming platform .https://www.casinobetmaxibonus.com/

    BalasHapus